Software
NURHAYATI     

E-NISN BERBASIS DAPODIK DENGAN FOTO SISWA

Selamat sore teman Operator di seluruh nusantara. Setelah diluncurkan aplikasi e-NISN untuk Dapodikdas dan e-NISN Dapodikmen, banyak masukan dari rekan-rekan operator yang menginginkan Kartu NISN yang dilengkapi dengan foto siswa. Alhamdulillah, menjelang akhir tahun 2014 ini keinginan itu bisa kami wujudkan, meski masih jauh dari sempurna. Kritik dan saran untuk kami tetap kami nantikan.


Aplikasi ini merupakan persembahan dari POPSI (Persatuan Operator Sekolah Indonesia) untuk pendidikan Indonesia. Aplikasi kali ini masih berbasis data dari Dapodik, jadi kita tidak harus input manual data siswanya. Data. Jadi kita tidak repot lagi input semua data, tinggal unduh dari progress pengiriman dapodik.


LANGKAH-LANGKAHNYA :


Langkah pertama adalah UNDUH APLIKASI dari SINI. Setelah berhasil diunduh, silakan di ekstrak dulu karena file masih dalam format zip. Langsung pilih tombol ekstrak dan tidak ekstrak satu persatu-persatu, agar file yang ada di dalamnya menjadi satu folder.


Setelah aplikasi selesai di ekstrak, cek folder. Dalam folder tersebut ada 4 file yang harus ada dan tidak boleh di hapus. Yaitu file Aplikasi e-NISN Card.exe, foto.jpg, QRCode.bmp dan QRCodeLib.dll.


Langkah selanjutnya adalah download file excel dari pengiriman dapodik. Silakan masuk di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id agar lebih cepat masukkan nomor NPSN sekolah.


Setelah itu untuk mendapatkan file tersebut kita harus memasukkan KODE REGISTRASI pada kotak yang telah di sediakan. Maka akan muncul data sekolah kita. Telusur sampai ke bawah dan temukan tombol DOWNLOAD berwarna merah. Klik tombol tersebut dan file excel akan terdownload ke laptop kita. Cek di kotak Download dan pindahkan file tersebut ke dalam folder Aplikasi E-NSN Card yang sudah kita persiapkan tadi.


LANGKAH CETAK KARTU NISN


Setelah semua siap, jalankan Aplikasi E-NISN Card maka akan muncul tampilan seperti gambar di samping. Pilih file excel sekolah kita dan klik tombol KONEKSI. Maka aplikasi akan membaca data siswa. Gunakan tombol PREV dan NEXT untuk memilih  siswa yang akan kita cetak NISNnya. Jika sudah sesuai tambahkan file foto siswa tersebut dengan klik pada tombol ADD FOTO. Untuk hasil terbaik gunakan foto dengan format JPG berukuran 250 x 300 px.


Jika foto sudah masuk sempurna tekan tombol CETAK untuk mencetak kartu NISN. Hasil Cetaknya akan tersimpan dalam folder yang sama dengan aplikasi dengan nama file NamaPD.JPG.


BAGAIMANA MENCETAK KARTU NISN SEBAGAI BUKTI FISIK ?


Dari hasil cetak kartu NISN dalam bentuk file JPG tadi, teman-teman bisa gunakan fungsi CROP pada ACDSee atau PAINT bawaan Windows untuk mengambil Kartu NISN-nya saja. Setelah itu dapat di boyong ke aplikasi lain untuk mencetaknya. Misalnya Microsoft Office Words untuk menyusun Kartu NISN sebelum di cetak melalui printer.


Kartu NISN ini juga di lengkapi dengan QRCode di bagian belakang, sehingga dapat di pindai menggunakan Barcode Scanner yang disematkan di smartphone. Untuk unduh aplikasi Barcode Scanner bisa unduh dari SINI. Salah satu contoh hasil scan dengan menggunakan Barcode Scanner dari smartphone.


Demikian, semoga aplikasi sederhana ini bisa memberikan manfaatnya.

 


Komentar Facebook

Komentar (5)

  • ARIP KHAIDIR
    31 Jan 2015, 00:53:44 WIB

    SIIIIIP.Membantu banget

  • HARTASON WARUWU
    07 Apr 2015, 01:39:18 WIB

    Mantap... maju terus pendidikan indonesia.....

  • ANDI NURHIDAYAT
    12 Apr 2015, 17:35:34 WIB

    kn tdk bisa login

  • HARTASON WARUWU
    07 Mei 2015, 21:36:35 WIB

    kn, pendaftaran prosesnya berapa lama.

  • ARWIN RAIBA
    02 Jun 2015, 11:51:24 WIB

    proses daftarnya kapan siapnya

Tulis Komentar

Copyright © 2014 - 2017 POPSI